Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Muara Enim

blog post

Tim News Room Muara Enim Diskominfo.

Dalam menyikapi serta mengedukasi masyarakat Kabupaten Muara Enim mengenai 2019n-COV (Virus Corona) yang sedang menjadi perbincangan di Dunia Internasional saat ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Talkshow Radio yang bertempat di Studio “Suara Muara Enim Radio” Diskominfo Muara Enim, Kamis (13/02).

Talkshow yang bertema "Upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim Mengatasi Dampak Mewabahnya Virus Corona" Dinarasumberi langsung oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim, Hj Siti Herawati SH, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, Eliya Susita SKM MM, Perwakilan Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Mahmudi SE dan Perwakilan Direktur RSUD Dr. H. M. Rabbain Muara Enim dr Kiki Widyastuti, SP Paru serta dihadiri juga oleh Kadin Kominfo Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP Msi.

Dalam Talkshow tersebut, dr Kiki Widyastuti menyampaikan, bahwa masyarakat tidak perlu panik terkait issue-Issue Virus Corona. Karena, Alhamdullilah sampai saat ini Virus tersebut tidak ada di Indonesia. Akan tetapi harus tetap mengedepankan perilaku hidup sehat. “Perlu diketahui bahwa penyebaran Virus Corona ini melalui saluran pernapasan dan juga bisa menyebar lewat hewan seperti kelelawar ataupun ular.

Ia juga menjelaskan ciri-cirinya seperti menderita demam sampai 38 C, adanya batuk serta sesak napas, tetapi tidak semua pasien dengan ciri-ciri tersebut bisa langsung disebut terkena virus corona, perlu adanya diagnosa lebih lanjut.

Tambah jelasnya, RSUD Rabain dan Puskesmas-puskesmas yang ada telah disiagakan 24 jam untuk menangani masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan termasuk korban virus corona ini, kalau ada keluhan kesehatan apalagi sesusah berpergian keluar kota segeralah periksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sementara itu, Kadin Tenagakerja, Hj Siti Herawati SH menjelaskan bahwa mereka  sudah mengeluarkan surat edaran terkait Virus Corona yang ditujukan ke semua perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim, yang intinya agar semua perusahaan melakukan antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan dan bila diperlukan agar dilakukan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja. Dan kami juga sudah membentuk Tim pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Muara.

Untuk diketahui, Tambah Herawati, bahwa berdasarkan data yang ada di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim ada 12 perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing Cina dengan jumlah kurang lebih 300 orang.

Sementara itu, Kadin Kominfo, Ardian Arifanardi berharap mudah-mudahan dengan adanya Talkshow ini, Masyarakat kita dapat lebih paham dan mengerti tentang virus Corona baik mengenai bahayanya, penyebarannya juga tentang antisipasinya sehingga masyarakat dapat paham dan mendapatkan informasi yang benar. Karena, "Hoax terkait Virus Corona ini sudah banyak sekali, sampai dengan hari ini Kementerian Kominfo telah mengidentifikasi sedikitnya 86 Hoax terkait isu Virus Corona ini." jelasnya.

Lanjut Ardian, Kami menghimbau kepada masyarakat kiranya tidak mudah untuk menyebarkan berita yang kita suka dengan mudahnya kita bagikan ke medsos kita padahal isinya belum tentu benar. Untuk itu, marilah kita bijak dalam menggunakan medsos, kita telaah, kita perhatikan betul-betul beritanya adalah benar atau atau masih diragukan kebenarannya.

Berita Terbaru

Gerakan Muara Enim 1000 Guru Ngaji, Berhadiah 42 Umrah Gratis
2020-02-25 00:00:00

Tim New Room Muara Enim Diskominfo. “Nanti sebanyak 42 orang pemenang akan mendapatkan Umrah ......Read more...


Plt. Bupati Minta OPD Hingga Kebawahan Terus Berinovasi
2020-02-25 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekundang Pemerintah Kabupate ......Read more...


(KADIN) Kabupaten Muara Enim periode 2020-2025 Resmi Dilantik
2020-02-25 00:00:00

Tim News Room Diskominfo Muara Enim  Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Asisten II Bidang Pe ......Read more...


Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur Pemerintah Desa, Juarsah : Bersinergi Itu Penting
2020-02-24 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pemberdayaan Mas ......Read more...


SP2020, Plt Bupati Juarsah : Mari Bersama-sama Kita Mencatat Indonesia
2020-02-24 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Tahun 2020 merupakan tahunnya Sensus Penduduk, artinya kita se ......Read more...


26 Hingga 28 Februari 2020 Colorful Agro Expo Digelar
2020-02-24 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Masuk dalam agenda Colurful Muara Enim Festival tahun 2020, fe ......Read more...


Kejurnas Grasstrack Region 1B Putaran Ke-1 Sumatera Resmi Dimulai
2020-02-23 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Ya, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Grasstrack Region 1B Putaran ......Read more...


Cetak Penembak Pemanah Andal Kabupaten Muara Enim
2020-02-22 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH diwakili Kepa ......Read more...


Plt. Bupati Safari BUNGADESA Di Tiga Desa Ini
2020-02-21 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Rutinitas safari Jumat dari Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Muara ......Read more...


Muara Enim Penyerap Investasi Asing Terbesar di Sumatera Selatan
2020-02-20 00:00:00

Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H pagi tadi (20/02) meng ......Read more...